Kecelakaan yang menimpa kapal “Costa Concordia” menyebabkan perusahaan asuransi dan re-asuransi menderita kerugian sangat besar dan diperkirakan berkisar $500juta s/d $1milyar, Ini akan menjadi klaim asuransi kapal terbesar sepanjang sejarah setelah sebelumnya ditempat oleh “Exxon Valdez” (1989) yang mengakibatkan asuransi membayar klaim $500juta termasuk klaim polusi.
Mengapa klaim “Costa Concordia” sangat besar sekali?
Karena tentu saja melibatkan banyak tuntutan klaim, mulai dari klaim atas “Hull & Machinery” yang dipastikan total loss berkisar $512juta (Euro 405 juta), klaim P&I mulai dari tuntutan klaim “Crew Liability, Passenger Liability, Third Party Liability, Wreck Removal, Pollution Liability, Loss of Earning” dan lain-lain. Diperkirakan Liability Claim adalah porsi yang terbesar dari klaim “Costa Concordia”.
Kabar baiknya “Costa Concordia” membeli P&I dengan limit diperkirakan $3milyar
Siapa saja perusahaan asuransi yang terlibat?
AON disebut sebagai broker asuransi yang terlibat untuk penempatan “Costa Concordia”
RSA and XL dua asuransi yang menanggung kerugian material damage terbesar dierkirakan sekitar €405juta (£335juta), sementara Generali menyatakan bahwa mereka hanya menanggung sebagian kecil saja (marginal).
The Standard Club and The Steamship Mutual adalah penanggung untuk P&I claim s/d $60juta sedangkan diatasnya s/d $2milyar dipastikan akan ditanggung Lloyd’s (London and International Reinsurance Market).
Hannover Re diperkirakan menanggung kerugian Euro 10juta
Munich Re juga diperkirakan menanggung puluhan juta Euro atas musibah ini
Allianz dan Axa disebut sebagai anggotakonsorsium yang dipimpin oleh RSA
Apakah semua klaim tersebut dibayar oleh Perusahaan Asuransi?
Sebagaimana umumnya untuk setiap klaim asuransi selalu subject to Deductible. Berapa besarnya deductible klaim untuk “Costa Concordia”? alias berapa besar klaim yang akan diderita atau ditanggung sendiri oleh “Carnival Corporation” perusahaan yang mengoperasikan “Costa Concordia”?
“Carnival Corporation” perusahaan yang mengoperasikan “Costa Concordia” meng-konfirmasikan bahwa asuransi atas kapal mereka subject to a deductible sekitar $30juta. Sedangkan untuk klaim third-party personal injury liability juga subject to an additional $10juta deductible.
Carnival juga menyatakan bahwa mereka tidak meng-asuransikan (alias self-insured) untuk kehilangan pendapatan dari pengoperasian kapal (loss of use of the vessel) yang diperkirakan pada 2012 akan memukul pendapatan perusahan sekitar $85juta s/d $95juta.
Tuntutan klaim berlanjut.
Perusahaan juga menghadapi gugatan perwakilan kelompok atau class-action di Amerika Serikat dimana mereka menuntut sedikitnya ganti rugi minimal sebesar US$160.000 atau sekitar Rp2,2 miliar dan hingga saat ini sudah terdapat 110 penggugat….(wow)
Dan sepertinya klaim “Costa Concordia” akan terus berlanjut…
Dirangkum dari berbagai sumber oleh Imam MUSJAB
Baca original sources:
Costa Concordia ‘biggest ever marine loss’
RSA and XL on hook in €405m cruise ship disaster
Insurers braced for over Euro 500m in claim from Costa
Mereka menuntut sedikitnya ganti rugi minimal sebesar US$160.000 atau sekitar Rp2,2 miliar dan hingga saat ini sudah terdapat 110 penggugat….
“During this time of tragedy, we are doing our very best to provide the needed support to the Costa Concordia passengers, crew and their families,” said Pier Luigi Foschi, chairman and CEO of Costa Cruises.
http://phx.corporate-ir.net/phoenix.zhtml?c=200767&p=irol-newsArticle&ID=1650164&highlight=
Costa Concordia – ship Particulars on Equasis
Pak Imam,
kalo nahkodanya terbukti mabuk minum alkohol di bar apakah klaim tetap bisa dibayar? Biasanya apa saja warranty atau exclusion untuk marine hull dan P&I ? terima kasih
Untuk “Marine Insurance” tidak ada ketentuan itu Pak, yang jelas di polis memuat ketentuan bahwa “Master or Crew Negligence” adalah dijamin.